Turki Memberikan DONASI YAMAN Bagi Korban Perang

Turki Memberikan DONASI YAMAN Bagi Korban Perang berupa bahan makanan dan obat-obatan. Turki mengirim 5.400 ton bantuan ke Yaman yang sedang dilanda perang. Aksi ini merupakan sumbangan besar dalam upaya bantuan kemanusiaan bagi negara Yaman. Sebuah kapal berlayar dari pelabuhan Turki, selatan Mersin, membawa bantuan dengan jumlah terbesar dari bantuan yang pernah diberikan oleh Turki ke Yaman. Penduduk negara di Semenanjung Arab berjuang dalam perang sipil yang sedang berlangsung. Lebih dari 170.000 orang telah melarikan diri ke negara lain dan lebih dari 1,4 juta telah terlantar sejak konflik meletus.

donasi Yaman
donasi Yaman

Wakil Perdana Menteri Turki menghadiri upacara perpisahan bagi kapal yang membawa donasi Yaman. Perdana Menteri dan lembaga bantuan mengkoordinasikan upaya untuk kampanye donasi nasional. Berdasarkan pantauan maocoom.com, Turki telah mengirimkan lebih dari 4.400 paket makanan dan enam ton pasokan medis ke Yaman sejak tahun lalu.

Kapal membawa kemasan makanan yang berisi tepung, gula, minyak goreng, pasta tomat, nasi, dan perlengkapan medis. Donasi obat-obatan dan serum diharapkan tiba di pelabuhan Aden di minggu-minggu berikutnya. Bantuan tersebut dikumpulkan oleh enam badan amal dan Lembaga Palang Merah Turki.

Tim Palang Merah Turki sudah dikirim ke Yaman sebagai wujud bantuan kemanusiaan. Aksi ini mengikuti panggilan dunia internasional untuk memobilisasi dan membantu Yaman. Ketersediaan pangan, kondisi kesehatan, akses terhadap air, dan kurangnya tempat penampungan adalah masalah utama dari pengungsi.

Yaman tetap dalam kekacauan sejak beberapa tahun lalu ketika pemberontak Houthi menguasai ibu kota Sanaa. Pemberontak terus berusaha untuk memperluas pengaruh mereka ke wilayah lain. Tahun lalu, Arab Saudi dan sekutu Sunni memulai kampanye militer menargetkan markas Houthi Syiah di Yaman.

Houthi kemudian mengecam serangan itu sebagai “agresi Arab-Amerika” yang tidak berdasar melawan Yaman.

Turki mendukung intervensi Arab Saudi di Yaman, meskipun hanya secara lisan. Tetapi mendesak solusi politik untuk mengakhiri konflik. Menurut angka yang diberikan oleh PBB, lebih dari 6.100 orang telah tewas di Yaman sejak koalisi Saudi memulai serangan udara. Sekitar setengah dari mereka diperkirakan warga sipil. Untuk itu, Turki kemudian menggalakkan gerakan Donasi Yaman.

Kenapa Netizen Harus Mendukung Aksi Donasi Yaman?

Upaya mediasi oleh PBB untuk mengakhiri perang tidak membuahkan hasil. Putaran terakhir pembicaraan damai antara Houthi dan loyalis pemerintah pada bulan lalu, gagal menemukan kesepakatan. Keduanya kini saling menuduh melanggar gencatan senjata dalam perundingan.

Donasi Yaman sangat diperlukan untuk salah satu negara termiskin di Semenanjung Arab. Ekonomi semakin memburuk karena perang. Jutaan orang menghadapi kelaparan dan penyakit karena kurangnya akses ke pelayanan medis. Daily news mempublikasikan pelayanan dasar di seluruh negeri berada di ambang kehancuran. Ratusan fasilitas kesehatan dilaporkan telah berhenti berfungsi karena kerusakan atau kekurangan bahan bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *